Attitude Di SMK TELKOM SP MALANG

"Attitude" ? Apa itu Attitude ?
Attitude adalah sesuatu yang dapat mencerminkan seberapa tingkat harga diri seseorang dimata orang yang normal. Attitude adalah sesuatu yang selalu dilihat pertama dalam menilai seseorang. Entah itu untuk kerja, atau untuk bermasyarakat. Attitude bahkan sangat menjadi prioritas utama disekolah saya tercinta "SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG" yang juga mempunyai motto "ATTITUDE IS EVERYTHING" . Di sekolah ini 40% penilaian dari para guru adalah attitudenya. Jika Attitude seseorang baik, maka dikatakan sudah cukup kompeten berada di masyarakat luas. Dan dijamin tidak akan dikucilkan oleh masyarakat tersebut. 

Attitude pun terbagi menjadi 2 yakni :
1. Attitude Positif
       Attitude positif adalah sikap yang menunjukkan pribadi yang baik kepada seseorang lain yang berada dalam lingkup keluarga, sekolah, atau masyarakat. attitude positif akan selalu membuat seseorang yang melihatnya secara tidak langsung akan mencerminkan seberapa tinggi tingkat pandangannya kepada orang yang ber attitude positif tsb. orang yang berattitude positif dengan otak yang sedang sedang saja akan selalu menang dari orang yang berotak pandai tapi dengan attitude negatif. contoh attitude positif adalah :

- Selalu Menyapa Kepada Setiap Orang.
 
        Setiap orang pasti tidak dapat hidup sendiri. Pasti ada keluarga, tetangga, dan masyarakat luar. Dan maka dari itu kita sebagai orang yang hidup dengan budaya timur wajib menyapa siapapun yang ditemuinya atau dilihatnya. Jika kita menyapa dengan lembut, tidak dengan nada yang tinggi dan menundukkan kepala kepada yang disapa maka akan mencerminkan bahwa dirikita mempunyai tingkat sopan santun yang tinggi. dan jika kita melakukan hal yang serupa kepada setiap orang, maka setiap orang itu akan segan kepada kita.


-Apabila Naik Kendaraan di Kampung Dengan Kecepatan Rendah dan Tidak Menggeber-geberkan Gasnya

    Tentu di kampung yang padat dengan rumah rumah yang jaraknya dengan jalan pun begitu dekat akan bising ketika ada kendaraan bermotor yang suaranya begitu keras. Alangkah baiknya jika kita melewati Perkampungan tidak menggeber-geberkan gas, karena itu dapat membuat warga sekitar bising dan merasa risih yang akan membuat penurunan terhadap cara mereka memandang kita.

-Bisa Membedakan Cara Berbicara

   Cara berbicara juga ikut andil besar dalam Attitude positif ini. Bedakanlah cara berbicara anda dengan cara melihat siapa yang sedang berbicara kepada anda. bedakanlah cara berbicara anda dengan orang yang umurnya masih dibawah kita, dengan orang yang sebaya dengan kita, dan tentu saja orang yang lebih tua kepada kita. Gunakanlah bahasa yang lebih sopan kepada orang yang lebih tua dari kita.

-dll

  Dan masih banyak contoh yang lain yang melambangkan attitude yang positif.

2. Attitude Negatif

   Attitude negatif adalah kebalikan dari attitude positif diatas. Attitude negatif akan selalu menjadi momok apabila itu sudah menjadi sebuah kebiasaan. Apalagi itu adalah sebuah kebiasaan yang amat sangat buruk.

Contoh Attitude negatif.

-Berbicara Kepada Orang Yang Lebih Tua Tetapi Tidak Sopan

   Coba kita lihat fenomena belakangan ini. Dan yang paling menonjol adalah hal ini bukan ? Kita sering mendengar murid yang berbicara pada gurunya tetapi dengan bahasa yang tidak sopan. Dan yang paling saya sering temui adalah seorang anak yang berbicara kepada orang tuanya sendiri tetapi cara berbicaranya seperti menganggap bahwa orang tuanya adalah teman sebaya atau bahkan sebagai orang yang lebih muda kalau orang jawa bilang mah "Ora ndue unggah-ungguh marang sing tuo"(tidak punya tata sopan santun kepada orang tua).  Bagaimana seseorang yang tidak bisa membedakan cara berbicara dengan yang lebih tua atau dengan temannya sendiri. Hal ini sering terjadi pada ABG atau Anak yang dalam proses menuju kedewasaan. Biasanya dia cenderung untuk mencari sisi perhatian, tetapi kesalahannya adalah memilih cara yang salah untuk mencari perhatian kepada orang lain di sekitarnya.

-Tidak Pernah Menyapa

  Hal ini yang sering dianggap sepele oleh beberapa orang. Ketika kita menaiki sepeda motor di jalan desa, dan ada bapak - bapak yang lebih tua dari  kita duduk di emperan rumahnya yang kebetulan emperannya cukup dekat dengan jalan yang kita lalui. Dalam hal ini hendaknya kita turun dari sepeda motor, menuntunnya, mengucapkan salam dan menaikinya kembali ketika jaraknya sudah cukup jauh. Ini adalah contoh menyapa yang benar.
Beberapa orang kadang menganggap bahwa orang yang tidak dikenal tidak perlu untuk disapa. Hal ini tentu sebuah kesalahan.

-Dll

  dan masih banyak contoh - contoh attitude negatif.


Attitude adalah segalanya. So, jangan pernah meremehkan Attitude guys.





Ditulis dan diposkan oleh : MOGA SATU HANDHARU

1 komentar:

nice mog, karangan sendiri ?

Reply

Posting Komentar