Cara memulai belajar Java


Java adalah bahasa pemrograman yang powerfull, awesome dan menakjubkan di dunia. Tetapi untuk penggunaannya di Indonesia sendiri masih kalah dengan Delphi (pascal), VB.net. Banyak orang yang belajar Java dengan kursus, membeli buku dan lain sebagainya. Itu bukan tindakan yang salah, tetapi apa ruginya jika kita memanfaatkan kecanggihan dunia internet ini. Sekarang di Internet sudah ada buku buku yang banyak di website atau sering disebut dengan e-book. Mulai bahasa Inggris hingga bahasa Indonesia.
Lalu saya harus mulai dari mana? Blog ini mungkin bisa dijadikan awal......
Mulai saja dengan memahami dulu mengenai konsep OOP. Konsep OOP wajib anda pahami terutama jika anda belum pernah menekuni bahasa pemrograman yang berorientasi objek.
Setelah anda paham konsep dasarnya, sembari berlatih siapkan komputer yang telah terinstal JDK dan notepad++ atau gunakan saja IDE, anda bisa menggunakan eclipse atau netbeans. Saya menggunakan eclipse. Keuntungan anda menggunakan IDE, anda tidak perlu ribet masuk comand prompt untuk mengcompile program anda, begitu tulis program, langsung compile, itulah harga sebuah kemajuan :)
Jika anda belum mempunyai eclipse, silahkan download eclipse di www.eclipse.org gratis. Bagaimana cara menggunakan eclipse? nanti pada tulisan saya selanjutnya akan saya jelaskan
lalu tunggu apa lagi. Happy coding

referensi : java.ruangtedy.net

Posting Komentar